5 Khasiat Cuka Apel Yang Ajaib bagi Tubuh

5 Khasiat Cuka Apel - Pernah mendengar tentang cuka apel? Atau ini baru pertama kalinya? Rasanya tidak, karena cuka apel sudah cukup lama dimasyarakatkan. Lalu, apa juga yang Anda ketahui tentang khasiat cuka apel?

Cuka, selama ini dikenal sebagai penambah keasaman. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan makanan. Dan tidak terbuat dari buah-buahan, tetapi terbuat dari bahan tertentu yang sifatnya tidak alami.

Penggunaan cuka pada umumnya harus terlebih dulu dicampur dengan air, sesuai dengan petunjuk pemakaian. Karena jika tidak, akan cukup berbahaya bagi kesehatan. Cuka biasanya dicampurkan ke dalam bakso bersama dengan sambal. Tanyakan pada para wanita mengenai rasa dari makanan kegemarannya ini. Asam dan pedas. Menyegarkan.

Bagaimana rasa dari cuka yang bahan dasar pembuatannya adalah buah, dalam hal ini adalah apel? Apakah sisa-sisa manis dari buah apel tetap ada, atau malah hilang sama sekali dan berganti dengan asam yang seperti cuka kebanyakan?
Khasiat Cuka Apel
Cuka apel terbuat dari buah apel yang telah melalui proses fermentasi. Buah apel yang telah difermentasi mengeluarkan cairan. Cairan itulah yang disebut dengan cuka apel.

Mungki mirip dengan cairan pada ketan yang telah difermentasikan menjadi tape ketan. Tapi, cairan cuka apel berwarna kecoklatan, seperti teh. Tidak bening atau hijau seperti cairan tape ketan kebanyakan.

Cairan ini lah yang kemudian dipercaya memiliki manfaat baik untuk tubuh. Baik dari kacamata kesehatan atau kecantikan.

Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan


Membawa sifat asli dari buah apel yang kaya akan berbaga kandungan, cuka apel pun demikian. Kandungan asam asetat yang ada pada apel, dapat mematikan bakteri serta jamur yang tinggal di saluran pencernaan. Sehingga proses penyerapan nutrisi oleh organ pencernaan dapat kembali normal. Selain itu, pencernaan Anda pun akan menjadi lancar.

Serat yang terkandung dalam cuka apel juga bersifat mudah larut dalam air. Sehingga, serat ini akan mudah menyerap lemak, kolesterol dan racun dan membuangnya keluar dari tubuh. Hal ini, tentu akan membuat tubuh Anda terasa lebih sehat, bukan?

Lantas, apa saja khasiat cuka apel untuk kesehatan? Khasiat pada cuka apel, tidak jauh berbeda dengan khasiat pada buah apel itu sendiri. Sifat alami buah apel tidak terbuang sama sekali. Yaitu sebagai berikut.

1. Menguatkan Tulang
Kandungan senyawa phloridzin yang dikandung apel bisa membantu menguatkan tulang. Cuka apel cukup baik dikonsumsi oleh siapa pun yang sudah menunjukkan gejala osteoporosis. Terutama wanita yang telah mendekati atau sudah menopause. Asupan senyawa ini cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Mengendalikan Kadar Gula
Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh. Dengan mengonsumsi apel atau cuka apel, hal tersebut dapat membantu mengendalikan tinggi-rendahnya kadar gula dalam darah. Sehingga sangat baik untuk pencegahan penyakit diabetes mellitus.

3. Cuka Apel untuk Kesehatan Otak
Buah apel, yang juga cuka apel mengandung zat quercetin. Zat ini memiliki manfaat ntuk melindungi otak dari berbagai serangan radikal bebas. Selain itu, quercetin juga baik untuk mencegah penyakit Alzheimer.

4. Meringankan Asma
Apel baik untuk meringankan penyakit asma atau sesak nafas, terutama pada anak-anak. Ini dibuktikan oleh penelitian dari Rusia. Karenanya, jika Anda memiliki anak dengan gangguan pernafasan, beri mereka asupan cuka apel secara rutin.

5. Mengurangi Risiko Kanker
Cuka apel, memiliki khasiat melindungi tubuh dari risiko kanker. Terutama kanker usus, kanker hati dan kanker paru-paru. Pada kanker usus, cuka apel bahkan dapat menurunkan risikonya hingga 45%.

Sementara pada kanker hati, kandungan pada apel bekerja meningkatkan fungsi hati agar dapat menetralisir serta membuang racun dengan lebih baik. Dan juga menurunkan 50% risiko terkena kanker paru-paru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel