5 Manfaat dan Kandungan Gizi Ubi Jalar

5 Manfaat dan Kandungan Gizi Ubi Jalar - Apa saja kandungan gizi ubi jalar? Awalnya ubi jalar identik sebagai makanan pedesaan. Namun seiring berjalannya waktu, ubi jalar kini diolah menjadi berbagai makanan lezat. Bahkan, kini ubi jalar menjadi salah satu panganan favorit banyak orang.

Mengapa? Hal ini dikarenakan, ubi jalar mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada ubi jalar adalah vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Selain itu, juga mengandung kalium, oksidan, magnesium, dan betakaroten.
manfaat ubi jalar
Perlu diketahui, ubi jalar terbagi ke dalam beberapa jenis. Setiap jenisnya mempunyai warna yang berbeda, seperti ungu, merah, kuning, putih, dan oranye. Meski warnanya beragam, namun pada dasarnya kandungan nutrisinya sama.

Kandungan Ubi Jalar


Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa ubi jalar bisa dibilang sebagai makanan yang bagus untuk dikonsumsi. Ubi jalar merupakan makanan yang manis namun bebas lemak.

Selain itu, ubi jalar mengandung berbagai nutrisi yang mencukupi kebutuhan hariannya. Oleh karena itulah, ubi jalar aman dikonsumsi semua usia, bahkan untuk bayi diatas 6 bulan.

Ubi jalar memiliki kandungan serta gizi yang cukup melimpah. Kandungan serat tersebut berguna untuk melancarkan pencernaan. Selain serat, ubi jalar juga dikenal mengandung beta karoten.

Beta karoten termasuk antioksidan alami yang berguna meningkatkan ketahanan tubuh dari berbagai penyakit. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, vitamin B, dan fosfor yang berguna untuk melawan infeksi, sehingga kesehatan tubuh akan terus terjaga.

Namun di antara sekian banyak kandungan gizi ubi jalar, nutrisi tertinggi adalah vitamin A. Jumlah vitamin A pada ubi jalar sama dengan kandungan yang terdapat dalam wortel. Ubi jalar juga mengandung seng, vitamin B, dan magnesium.

Ketiga kandungan gizi ubi jalar tersebut sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan membantu penhembuhan radang sendi. Tidak heran, jika ubi jalar dikenal sebagai makanan yang dianjurkan untuk penderita arthritis.

Manfaat Ubi Jalar
Apa saja manfaat yang terkandung dari ubi jalar? Untuk lebih jelas, berikut ini penjelasan mengenai beragam kandungan gizi ubi jalar.

1. Diabetes dan Penyakit Jantung
Salah satu manfaat dari  ubi jalar adalah mengurangi risiko penyakit diabetes dan jantung. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, ubi jalar memiliki kandungan karotenoid yang tinggi.

Kandungan karotenoid inilah yang berguna untuk mengatur kadar gula dalam tubuh. Tidak heran, jika ubi jalar berguna untuk menstabilkan gula darah.

2. Masalah Lambung
Memilih asupan makanan itu sangatlah penting. Salah memilih makanan, tak jarang akan berdampak pada kondisi kesehatan lambung, seperti sembelit, maag, bahkan kanker usus. Oleh karena itulah, harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang baik untuk tubuh. Namun jika sudah terlanjur mengalami masalah pada lambung, cepatlah mencari penawarnya.

Salah satu penawar yang manjur untuk mengatasi masalah pada lambung adalah ubi jalar. Ubi jalar berguna untuk mengurangi rasa sakit pada lambung. Selain itu, ubi jalar juga berfungsi untuk mengurangi risiko kanker usus. Untuk itu, tak ada salahnya mengonsumsi ubi jalar.

3. Kesehatan Kulit
Penampilan adalah segalanya bagi setiap orang, terutama kaum hawa. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga penampilannya, termasuk dalam merawat kulit. Ternyata, ubi jalar bukan hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan lambung, melainkan juga kulit.

Ubi jalar berguna untuk membuat kulit terlihat lebih cerah. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumi ubi jalar secara langsung. Bisa juga dihancurkan terlebih dahulu, kemudian dijadikan masker.

Disamping membuat kulit terlihat cerah, ubi jalar juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, ubi jalar juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C yang terdapat pada ubi jalar. Vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen ini berguna untuk menga elastisitas kulit.

4. Stroke
Stroke menjadi momok bagi semua orang. Hal ini dikarenakan, stroke bukan hanya menyerang usia dewasa, melainkan juga anak-anak. Berdasarkan fakta di lapangan diketahui bahwa stroke juga menyerang anak-anak yang berusia belasan tahun. Penyebabnya beragam, bisa karena asupan makanan yang tidak baik atau pola hidup tidak sehat.

Lalu, bagaimana cara membentengi diri dari penyakit stroke? Caranya mudah, yaitu konsumsilah makanan yang bergizi, seperti ubi jalar. Ubi jalar berguna untuk menghambat pembekuan darah.

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari serangan stroke. Namun yang terpenting adalah jalani hidup sehat dan jangan malas untuk berolahraga, agar aliran darah lancar.

5. Diet
Sayuran dan buah merupakan menu yang baik untuk diet. Namun ternyata, ubi jalar juga termasuk sebagai makanan yang wajib dikonsumsi saat diet. Mengapa? Hal ini dikarenakan, ubi jalar mengandung karbohidrat kompleks. Jadi, bisa dibilang ubi jalar merupakan pengganti nasi saat diet.

Selain mengandung karbohidrat kompleks, kandungan kalori pada ubi jalar juga sedikit. Dengan begitu, ubi jalar sangat cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang tengah menjaga berat badannya. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi ubi jalar rebus.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya mengonsumsi ubi jalar beserta kulitnya (setelah dicuci bersih). Hal ini dikarenakan, kulit ubi jalar mengandung serat yang cukup tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan oatmeal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel