5 Sumber Makanan Penyebab Penyakit Ginjal

Makanan Penyebab Penyakit Ginjal - Sebelum membahas tentang sumber makanan penyebab penyakit ginjal, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu ginjal dan apa fungsinya?

Ginjal merupakan salah satu organ sekresi dalam tubuh. Di dalam tubuh, ginjal memiliki fungsi yang sangat vital. Fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah dari berbagai zat hasil metabolisme tubuh serta racun yang tidak dibutuhkan dalam bentuk air seni (urine).
Makanan Penyebab Penyakit Ginjal
Jika proses pembuangan ini terhambat, zat-zat racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan menumpuk dan berpotensi menimbulkan penyakit dalam tubuh. Fungsi lain dari ginjal adalah membantu mempertahankan keseimbangan serta mengatur komposisi dan konsentrasi cairan tubuh. Oleh karenanya, sebagai organ vital ginjal perlu dirawat sebaik mungkin.

Macam-macam Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal ternyata banyak macamnya. Sebagai tambahan pengetahuan, berikut adalah beberapa contoh gangguan atau penyakit ginjal:

a. Gagal Ginjal
Gagal ginjal mendadak bisa disebabkan oleh alergi obat, keracunan atau kehilangan darah, toksin, kekurangan cairan dan trauma. Gagal ginjal jenis ini bisa disembuhkan dengan cuci darah secara rutin.

b. Nefropati Diabetic
Ini merupakan jenis penyakit ginjal yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Penderita diabetes menahun, berpotensi menderita penyakit ini. Gejala komplikasi ginjal akan muncul setelah lebih kurang 15 tahun menderita diabetes.

c. Penyakit Ginjal Akibat Hipertensi
Gangguan ginjal ini disebabkan oleh penyakit hipertensi menahun.

d. Peradangan Ginjal dan Saluran Kemih
Penyakit ini disebabkan oleh konsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan dan terus-menerus. Termasuk di dalamnya adalah penggunaan obat pegal linu, penghilang rasa nyeri dan jamu-jamuan yang dijual bebas di warung-warung.

e. Batu Ginjal
Gangguan ginjal jenis ini disebabkan kadar asam urat yang berlebih dalam darah. Penderita asam urat berpotensi terkena gagal ginjal dan batu ginjal jika kadar asam urat dalam tubuhnya lebih tinggi dari 13 mg/dl.

Makanan Penyebab Penyakit  Ginjal
Makanan yang kita konsumsi di satu sisi bermanfaat untuk memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Namun, di sisi lain juga berpotensi mengganggu kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Nah, berikut adalah beberapa sumber makanan penyebab penyakit ginjal:

1. Jengkol
Anda tentu sudah mengenal jenis makanan satu ini bukan? Jengkol cukup digemari terutama oleh masyarakat Sunda. Jenis makanan ini sering dikonsumsi dalam bentuk lalap, semur, goreng dan rendang.

Jika Anda adalah salah satu penggemar jengkol, sebaiknya perlu menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Mengapa? Karena jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit ginjal.

Prof. Rully MA Roesli, Sp.PD-KGH mengatakan bahwa jengkol mengandung kristal yang disebut jengkolic acid. Jengkolic acid ini di dalam tubuh akan menjadi kristal dan berpotensi menyumbat saluran kencing. Oleh karena itu, jangan heran jika menemukan orang yang harus cuci darah gara-gara makan jengkol.

Saluran kencing yang tertutup oleh kristal asam jengkol ini akan menghalangi proses pembuangan sampah dan racun dari dalam tubuh. Jika keadaan ini berlangsung lama, akan berpotensi menimbulkan infeksi pada saluran kemih. Jika tidak segera ditangani, masalah baru akan muncul yakni terjadinya gangguan pada organ ginjal.

2. Obat Pelangsing
Tidak sedikit kaum wanita yang tergoda untuk mengonsumsi obat pelangsing untuk menurunkan berat badan. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, sebaiknya berhati-hatilah. Menurut Prof. Dr. Walujo Soerjodibroto, obat pelangsing yang dikonsumsi dengan dosis dan cara yang salah berpotensi menimbulkan gagal ginjal. Karena, konsumsi obat pelangsing yang salah berpotensi menghilangkan cairan tubuh.

Selain itu, seringkali pengguna obat ini tidak memperhatikan dosis dan aturan pakai. Mereka terkadang menaikkan dosis penggunaan obat dengan harapan tubuh yang langsing segera didapatkan. Berat badan boleh jadi turun, namun pada saat bersamaan masalah lain pun ikut muncul. Seperti dehidrasi atau diare yang berpotensi menyebabkan disfungsi ginjal.

3. Amfetamin
Obat-obatan seperti amfetamin berpengaruh buruk bagi ginjal. Efek buruk dari penggunaan amfetamin yang tidak benar adalah susah tidur dan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, peredaran darah ke ginjal akan berkurang. Berkurangnya suplay darah ke ginjal menyebabkan ginjal kekurangan makanan, akibatnya fungsi ginjal pun terganggu.

4. Makanan yang Mengandung Purin Tinggi
Seperti disebutkan di atas, salah satu penyebab penyakit ginjal –khususnya gagal ginjal dan batu ginjal—adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Dengan demikian, semua jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, merupakan sumber makanan penyebab penyakit ginjal.

Nah, jenis makanan dengan kadar purin tinggi merupakan salah satu pemicu tingginya kadar asam urat dalam darah. Dengan kata lain, secara tidak langsung jenis makanan ini merupakan penyebab penyakit ginjal.

Batu ginjal akan terbentuk ketika urine mengandung kristal, seperti asam urat, kalsium dan oksalat. Sementara pada saat bersamaan, urine kekurangan substansi yang bisa mencegah kristal-kristal tersebut menyatu. Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat ideal bagi kristal-kristal tersebut untuk menyatu, dan akhirnya terbentuklah batu ginjal.

Selanjutnya, mari kita kenali makanan seperti apa yang memiliki kadar purin tinggi? Apakah semua makanan mengandung purin?

Pada dasarnya hampir semua bahan makanan yang kita konsumsi mengandung purin. Hanya memang kadar kandungan senyawa purinnya berbeda antara jenis makanan satu dan lain. Berdasarkan kandungan purinnya, bahan makanan dibedakan menjadi 3 golongan, yakni: (1) makanan dengan kandungan purin tinggi, (2) makanan dengan kandungan purin sedang, dan (3) makanan dengan kandungan puri rendah.

Nah, jenis makanan yang perlu diwaspadai adalah jenis makanan golongan 1 dan 2. Karena berpotensi tinggi meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Berikut adalah contoh bahan makanan berdasarkan pengelompokan kadar purinnya:

1. Makanan dengan Kandungan Purin Tinggi
Contoh: kerang-kerangan, otak, hati, jantung, paru, daging bebek, telur ikan, ikan sarden, remis, ikan herring, ginjal, jeroan, ekstrak daging, daging angsa, burung dara, makarel, alkohol dan ragi (tape), makanan yang diawetkan.

2. Makanan dengan Kandungan Purin Sedang
Ikan selain yang sudah termasuk pada bagian pertama, daging sapi, daging ayam, daging unggas –kecuali bebek-, udang, asparagus, daun singkong, jamur, bayam, daun pepaya, kembang kol, kapri, tahu, tempe, kangkung, daun dan biji melinjo, buncis dan kacang-kacangan

3. Makanan dengan Kandungan Purin Rendah
Contohnya: nasi, roti, makaroni, mie, cracker, ubi, singkong, jagung, susu, keju, serealia, oncom, telur, dan lainnya.

Jika Anda memiliki riwayat asam urat tinggi, atau pernah menderita sakit asam urat, sebaiknya berhati-hatilah mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi tersebut. Karena, tingginya kadar asam urat dalam darah merupakan salah satu faktor pemicu penyakit batu ginjal dan kerusakan ginjal (gagal ginjal).

Untuk menjaga kesehatan ginjal sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi air putih, sayuran dan buah. Hindari konsumsi makanan-makanan dan obat-obatan yang justru menjadi penyebab penyakit ginjal.

Demikian artikel tentang sumber makanan penyebab asam urat, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel