Sebutkan ciri-ciri, jenis, bahan, teknik pembuatan patung !

Sebutkan ciri-ciri, jenis, bahan, teknik pembuatan patung !

1.)Ciri – ciri patung; a. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi. b. Dapat dinikmati dari sudut pandang dari mana saja. c. Menempati ruang

2.) jenis patung; a. Zonde bosse, merupakan bentuk patung yang berdiri sendiri. Patung ini tidak menempel pada salah sati sisinya. b. Relief, merupakan bentuk patung yang menempel pada permukaan dinding. Relief biasanya menggambarkan adegan dari sebuah cerita. Misalnya patung pada Candi Shiwa&candi brahma dikompleks candi prambanan yang berisi adegan atau rangkaian cerita ramayana

3.) bahan² untuk membuat patung; a. Bahan lunak : tanah liat, lilin,sabun,plastisin,dsb b. Bahan sedang : kayu waru,kayu sengon, kayu randu, kayu mahoni. c. Bahan keras : kayu jati, kayu senokeling, kayu ulin, batu padas,batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer) d. Bahan cor atau cetak : semen, pasir, gips, logam, timah, perak, dan emas, juga bahan kimia seperti fiber atau resin. e. Bahan lain : kertas,kaleng ,dsb….

4.) teknik pembuatan patung; – teknik pahat adalah teknik Pembuatan seni rupa dengan cara memahat atau mengukir – teknik menuang atau cor merupakan teknik membuat patung dengan cara mengecor atau mencairkan bahan yang akan dicetak yang kemudian dituangkan ke alat pencetak. – teknik carving adalah teknik pembuatan karya seni patung yang dilakukan dengan membuat bagian-bagian bahan yang tidak esensial dengan jalan dipahat. – teknik modeling adalah teknik dalam pembuatan karya seni patung dengan memanfaatkan bahan plastik seperti lempung atau tanah liat dan plastisin atau malam untuk modeling. – teknik assembling adalah teknik dalam pembuatan karya seni patung yang dilakukan dengan menggunakan berbagai bahan yang diambil di lingkungan sekitar untuk selanjutnya dirakit menjadi satu kesatuan karya patung yang utuh atau final. – teknik plastering merupakan pembuatan patung melalui teknik langsung dengan menggunakan bahan adonan semen dan pasir yang dilakukan dengan menempelkan menambah sekaligus membentuk patung. – teknik butsir merupakan teknik membentuk benda dengan mengurangi dan menambah bahan. misalnya membuat keramik dengan bahan dasar tanah liat.

Disclaimer:Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar anak. Mudah-mudahan Artikel soal dan jawaban di atas bisa membantusiswa dalam belajar sehingga menjadi anak yang cerdas dan bermanfaat bagi negara, agama, nusa dan bangsa.